Cara Menambah RAM Smartphone Android

Cara Menambah RAM Smartphone Android

Cara Menambah RAM Smartphone Android

Hingga saat ini pengguna smartphone yang berbasis Android sudah sangat banyak sekali, tetapi mungkin anda pernah mengalami dimana saat anda sedang menjalankan beberapa aplikasi pada smartphone Android anda itu terasa sangat berat hingga akhirnya lemot. Seperti halnya smartphone lainnya, smartphone Android juga memiliki RAM, processor , dan media penyimpanan. RAM pada smartphone Android ini sama halnya dengan RAM pada komputer, saat kita menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, maka RAM akan menyimpan banyak informasi.

Bila RAM anda penuh, maka kinerja smartphone android anda pun akan menjadi lambat atau bahkan hang atau berhenti tidak bisa anda apa-apakan sama sekali dengan tiba-tiba. Apabila perangkat androin anda sudah mulai lambat, yang perlu anda lakukan adalah menghapus beberapa aplikasi android, serta mengurangi penggunakan widget dan live wallpaper pada homscreen anda yang akan memakan kapasitas RAM Smartphone Android anda.

Terkadang, hal-hal tersebut seperti menghapus aplikasi serta meminimalisir penggunakan widget dan live wallpaper itu masih saja smartphone Android anda berjalan dengan lambat dan membuat anda sebagai pengguna menjadi kesal dan tidak sabar. Jika hal tersebut masih terjadi pada smartphone Android anda, maka anda bisa melakukan sebuah trik yang bisa meningkatkan kembali kinerja pada smartphone Android anda dengan cara menambah RAM pada Android.

Melakukan Konfigurasi pada aplikasi Swapper
Untuk cara menambah RAM pada Android, ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan. Tahap yang pertama adalah dengan menginstall aplikasi Swapper. Aplikasi ii berfungsi untuk menambah virtual memory pada smartphone Android anda, virtual memory inilah yang akan membantu kinerja pada RAM Android anda dan sebaiknya memory yang digunakan harus memiliki kemampuan Read/Write yang tinggi.
Anda bisa mengunduh atau mendownload aplikasi Swapper ini dari internet, lalu installah aplikasi ini pada smartphone Android anda. Apabila aplikasi Swapper anda sudah anda install, lalu jalankan apalikasi tersebut lalu lakukanlah konfigurasi dengan cara seperti berikut:
-Pertama, anda aktifkan opsi Activ Swap on Boot.
-Di bagian Swap File Position, anda pilih opsi SD Card FAT Partition.
-Pada bagian Swap File Size, anda masukan jumlah size yang akan anda pakai sebagai virtual memory, misalnya 2000MB.
-Lalu simpan atau save pengaturan tersebut.

Melakukan konfigurasi pada aplikasi SD Booster
Tahap selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan menambahkan aplikasi SD Booster, apliksai SD Booster ini merupakan sebuah aplikasi yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kecepatan Read SD Card atau membaca dan menuliskan data.
Aplikasi SD Bosster ini juga bisa anda unduh atau download di internet, aplikasi SD Bosster ini mendukung hampir semua jenis SD Card, aplikasi ini akan berjalan otomatis saat booting dan tidak hanya meningkatkan internal card tetapi eksternal card.
Dengan anda menggunakan aplikasi SD Booster ini, saat anda menjalankan aplikasi, memainkan game, menata file ataupun yang lainnya bisa anda lakukan dengan cepat.
Maka dari itu, downloadlah lalu install aplikasi ini dan lakukan konfigurasi seperti berikut:

-Isikan jumlah di kolom Cache Size, sebagai contohnya, 2048, maka nilai cache yang direkomendasikan adalah 1024 atau 2048. Sedangakan nilai yang ditunjugakan di kolom Cache Size (Current) yang menunjukan nilai cacher yang sedang digunakan saat ini.

-Jika sudah melakukan konfigurasi, maka pilih Set On Boot, yang fungsinya agar nilai cache tidak secara otomatis kembali ke awal setiap kali perangkata anda mengalami restart.
Nah itulah beberapa trik yang bisa anda gunakan dalah hal menambah RAM yang bisa membuat kinerja smartphone Android anda menjadi seperti semual.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak