Perbedaan Sistem Operasi Smartphone, iOS, Windows Dan Android


Belakangan ini Konsumen dibingungkan dengan banyaknya pilihan pada saat ingin memilih smartphone berbasis sistem operasi yang berbeda beda. Kemajuan teknologi ini pasti dapat menjadi kemajuan pesat untuk I.T. tapi dapat juga menyebabkan banyak orang yang kebingungan khususnya orang-orang yang kurang mengerti akan perbedaannya.
Dengan begitu banyak sistem operasi yang sudah ada serta masih banyak lagi yang akan datang, hal ini dapat membingungkan bagi konsumen yang akhirnya memilih smartphone yang menurutnya cerdas dan harga yang relatif murah.
Sistem operasi yaitu perangkat lunak pengolah yang menggunakan semua komponen dan fitur telepon. Sehingga memungkinkan Anda untuk melakukan tugas dan menggunakan aplikasinya. Sistem operasi menyatukan komponen perangkat keras dan memungkinkan mereka untuk bekerjasama, sehingga bisa digunakan oleh Anda.
Smartphone adalah lambang kemajuan teknologi masa kini, banyak yang bisa dilakukan dengan menggunakan gadget ini, dari tugas-tugas sederhana seperti mengirim pesan, membuat panggilan telepon hingga tugas yang lebih kompleks lainnya seperti, mengirim e-mail, menggunakan perintah suara untuk menyelesaikan tugas, browsing, dan berbagai macam tugas lainnya. Berbagai varian dan fitur baru dari smartphone tentu dapat lebih mudah menagani tugas yang banyak.
Seberapa cepat atau seberapa mudahkah Anda dapat membuat panggilan telepon, mengirim pesan, email, browsing web, bermain game, menggunakan sistem navigasi GPS, membuat video, mengambil gambar, user-friendly interface, semua itu tergantung pada sistem yang telah diinstal ke smartphone Anda.

Jadi apabila Anda akhir-akhir ini menyadari bahwa Anda mengalami crash smartphone setelah Anda menggunakan kamera atau hang saat memutar video, maka ini merupakan sebuah indikator yang jelas bahwa Anda harus beralih ke sistem operasi lain.

iOS digunakan hanya dengan Apel iDevices saja. Dan Android digunakan dengan mayoritas merek smartphone seperti, Samsung, HTC, Motorola, Sony Ericsson dan lain-lain. Sedangkan Windows Phone dapat digunakan oleh berbagai Lumia Nokia, LG Optimus 7, Samsung Omnia 7 dan lainnya. Tidak dapat disangkal bahwa Apple iOS seperti yang dulu dikenal dengan iPhone OS benar-benar melahirkan smartphone.
Namun tak disangka kali ini iOS memiliki pesaing lain untuk mengikutinya. Memang benar bahwa iPhone memegang mayoritas dari nilai pasar mungkin karena harga yang lebih tinggi serta kualitas aplikasi yang masih tak terkalahkan, tetapi OS yang lain mungkin akan segera menyusul.
Salah satu pesaingnya yaitu Android. Sampai saat ini Android telah melakukan hal yang mengagumkan, Android dapat seperti itu karena fakta, bahwa setiap telepon selain, iPhone Apple dan berbagai Nokia tertentumerupakan host untuk sistem operasi Android.
Selanjutnya adalah Microsoft Windows Phone. Walaupun masih sangat muda tapi jelas ia telah terjun di dunia smartphone dan siap bersaing dengan raksasa seperti Google (Android) dan Apple (iOS). Bahkan konsumennya sudah lebih dari puas dengan Windows Phone 8 dibandingkan dengan sistem operasi terbaru iOS dan Android.
Perbedaan diantara ketiganya hampir sama bukan? namun untuk operating sistem yang paling diminati yaitu Android karena Android memiliki development yang banyak dan bebas. Sedangkan iOS hanya didukung oleh perangkat Apple dan ini adalah alasan bahwa mereka sangat mahal dan kurang kompatibel dengan sistem lain.
Apapun jenis operating system yang digunakan, pada dasarnya semua juga memiliki kelebihan dan kelemahan masing masing, tinggal tergantung pilihan Anda sendiri. mudah-mudahan Anda bisa memahami perbedaan ketiga sistem operasi tersebut.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak