Cara Meningkatkan Keamanan Dropbox

Pada saat ini cloud storage Dropbox sudah bukan menjadi yang terbaik di kelasnya, Tapi masih ada satu kelemahan Dropbox, yakni factor keamanan. Pada saat Anda menyimpan file pribadi pada akun dropbox, user lain dengan mudah bisa mengakses file Anda. Namun tidak perlu anda khawatirkan, karena anda bisa melakukan beberapa hal untuk meningkatkan keamanan dropbox anda.

Otentikasi 2 Langkah
Tahun lalu, Dropbox mengimplementasikan berbagai fitur otentikasi 2 langkah dengan metode login yang memerlukan lebih dari sekedar password. Dalam melakukan login ini membutuhak setidaknya 2 langkah yang berbeda untuk verifikasi bahwa anda dapat mengakses akun tersebut.
Otentikasi 2 Lankah dropbox ini artinya anda harus memasukan password serta verifikasi dengan memasukan kode yang dikirimkan oleh Staff Dropbox ke handhpone anda melalui SMS.
Untuk melakukan aktivasi otentikasi 2 langkah dropbox ini andah hanya tinggal login seperti biasa dengan menggunakan akun dropbox anda , setelah itu klik pada nama akun yang terletak di atas kanan lalu pilih settings, setelah itu klik pada tab Security dan pada bagian Account Sign in, enable two-step verification setelah itu anda hanya tinggal mengikuti petunjuk yan ada untuk mengaktifkannya.


Aktivasi Notifikasi Email
Notifikasi emal memanglah mengganggu apabila pesan atau email yang dikirimkan terlalu banyak, tetapi lain halnya dengan fitur dropbox ini. Dengan mengakifkan fitur ini, Dropbox akan mengirimkan notifikasi email setiap kali ada perangkat atau ada aplikas yang terhubung dengan dropbox anda yang tentunya akan membantu apabila ada yang mencoba-coba untuk mengakses Dropbox anda tanpa seijin anda.


Mengaktifkan Selective Sync
Selective Sync ini adalah salah satu fitur dari Dropbox yang memungkinkan anda untuk menentukan folder mana yang inginkan untuk tetap synchronize dengan akun anda. Fitur ini sebenarnya bukanlah suatu fitur keamanan melainkan karena fungsinya mengatur data, maka dapat anda gunakan untuk menambah privasi.
Sebagai contoh, jika anda mensynchronize  Desktop, Laptop serta Tablet anda ke Dropbox. Jika semua perangkat tersebut synchronize 100% maka salah satu perangkat anda hilang atau dicuri, maka semua data yang ada dapat diakses melalui perangkat tersebut, lain halnya jika anda memisakan foder masing masing perangkat, maka resiko kehilangan data yang ada di dalam perangkat llain menjadi berkurang.
Jika anda menggabungkan fitur Unlink Device dan fitur Selective Sync ini akan lebih aman data anda apabila terjadi suatu pencurian data.

Unlink perangkat serta aplikasi yang sedang tidak digunakan pada saat sebuah perangkat atau aplikasi terhubung dengan akun dropbox anda, maka Dropbox akan mendatanya. Nah, pada tab Security yang ada di halaman setting, anda bisa melihat daftar srmua perangkat dan aplikasi yang aktif yang memiliki ijin untuk akses akun Dropbox anda. Hal ini tentunya sangat berguna ketika anda ingin memutuskan suatu akses dari perangkat atau aplikasi tertentu.
Sebagai contoh, jika terjadi kasus pencurian suatu perangkat seperti di atas, anda bisa dengan mudah login kea kun Dropbox anda dan langsung memutuskan akses dari perangkat yang hilang tersebut sehingga data pada cloud storage masih tetap aman.


Menggunakan Aplikasi Enkripsi
Hal yang terpenting dalam menjaga suatu keaman akun anda yaitu dengan menggunakan password yang berbeda untuk masing-masing akun dan anda harus memastikan bahwa password tersebut tidak mudah untuk ditebak. Hal seperti ini juga berlaku untuk Dropbox untuk meningkatkan keamanan Dropbox anda dan jangan pernah anda menggunakan password yang sama untuk setiap akun karena akan berakibat fatal.
Pada saat ini layanan Cloud Storage Dropbox ini bukanlah layanan yang paling aman, karena ada beberapa hal seperti diatas yang penting untuk meningkatkan keamanan suatu keamanan data yang anda simpan.
Itulah bebeapa hal penting yang bisa anda gunakan dalam hal menambah keaman pada cloud storage seperti Dropbox ini, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak